Vol. 1 No. 1, Oktober 2001
Persepsi Guru mengenai Faktor Afektif dalam Belajar Bahasa Indonesia
(Sebuah kaji deskriptif mengenai sikap, motivasi, kepercayadirian, dan prestasi belajar siswa sekolah di Jawa Barat)
Didi Suherdi
Realisasi Tindak Tutur Menolak dalam Masyarakat Indonesia
E. Aminudin Aziz
Beberapa Teknik Penerjemahan dan Aplikasinya
Rd. Safrina
Pemahaman Lintas Budaya dalam Konteks Pembelajaran Bahasa
Nenden Sri Lengkanawati
Berpikir Kritis melalui Cognitive Coaching
Bachrudin Musthafa
Peran Bahasa Pertama dalam Pemerolehan Aturan Morfo-Sintaksis Bahasa Kedua
Didi Sukyadi
Perbedaan Tindak Tutur Meminta antara Ibu Rumah Tangga yang Bekerja dan Tidak
Sri Setyorini
Peranan Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Terpadu
Mulyani Sumantri
Adakah Bahasa Inggris Indonesia?
A. Chaedar Alwasilah
_______________________________________________________________________________________
Vol. 2 No. 3, Oktober 2002
Pendekatan Humanistik dalam Perkuliahan Semantik
Yayat Sudaryat
Efektivitas Model MMI dalam Meningkatkan Apresiasi Sastra Mahasiswa
Iskandarwassid
Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran terhadap Hasil Belajar Wacana Lisan Bahasa Jepang
Ahmad Dahidi
Model Pembelajaran Integratif Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing Berdasarkan Pendekatan Komunikatif di Sekolah Dasar
Halim Majid
Bahasa Koran sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa
Dadang S. Anshori
Pendekatan Konstruktivisme dalam Peningkatan Pemahaman Membaca
Endang K. Trijanto
Kinayah pada Ayat-ayat Al-Quran dan Implikasinya bagi Pengajaran Balaghah
Yayan Nurbayan
_______________________________________________________________________________________
Vol. 3 No. 5, Oktober 2003
Critical Discourse Analysis (CDA): Rekonstruksi Kritis terhadap Makna
Iwa Lukmana
Bahasa Indonesia sebagai Sarana Bernalar
Khaerudin Kurniawan
Sikap Berbahasa Mahasiswa
(Studi Deskriptif Analitis tentang Sikap Berbahasa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Asing FPBS UPI)
Dingding Haerudin
Hubungan Pemertahanan Bahasa Sunda dengan Kemampuan Menggunakan Undak Usuk Bahasa Sunda
Iyos Ana Rosmana
Teknik Penerjemahan sebagai Penjabaran Prosedur Transposisi
Syihabuddin
Interpretasi Semiotik Wawacan Prabu Kean Santang Aji
Dedi Koswara
_______________________________________________________________________________________
Vol. 4 No. 6, April 2004
Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa melalui Model Workshop
Dadang S. Anshori
Multiliterasi: Transformasi Disain Pengajaran Bahasa
Wawan Gunawan
Strategi, Jenis, dan Kadar Kesulitan Mahasiswa Mengorganisasikan Gagasan dalam Menerjemahkan Teks-teks Non-Linier
Ahmad Bukhori Muslim
Penilaian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Bahasa
Usep Kuswari
Studi Morfologis Jamak Taksir dalam Alquran dan Implikasinya terhadap Pengajaran Sharaf
Mamat Zaenuddin
Penggunaan Alusi dalam Judul Artikel Majalah Time
Yugianingrum
Ideologi Komik Jepang
Kholid A. Harras
_______________________________________________________________________________________
Vol. 4 No. 7, Oktober 2004
Dialektika Bahasa Demo
Andoyo Sastromiharjo
Ekspresi Aimbolik Poyok Ungkal dalam Komunikasi Verbal
Dede Kosasih
Pandangan tentang Peran Tata Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Asing
Dadang Sudana
Hubungan antara Sikap terhadap Bahasa Sunda dengan Kemampuan Menggunakan Undak Usuk Bahasa Sunda
Iyos Ana Rosmana
Lagu dalam Pembelajaran Bahasa Jerman
Nining Warningsih
Pengkajian Nilai-nilai Moral dalam Karya Sastra
Dingding Haerudi
Transposisi dalam Terjemahan Ayat-ayat Ahkam
Mad’Ali
_______________________________________________________________________________________
Vol. 5 No. 1, April 2005
Keefektifan Model Ajar Beorientasi Produk Berbasis Interaksi Afeksionatif dalam Meningkatkan Mutu Hasil Belajar Bahasa indonesia
Didi Suherdi
Esai Kritik dalam Majalah Budaya Jaya (1968-1979)
Sumiyadi
Pengoperasian Ideologi Gender dalam Wacana Novel Saman
Yulianeta
Faktor-faktor yang mempengaruhi Keterampilan Menulis Argumentasi
Lucky Herliawan Yanuansyah Amalputra
Penerapan Model Belajar konstruktivisme dalam Menulis Bahasa Indonesia
Nunuy Nurjanah
Model Pembelajaran Menulis Kalimat
.........
_______________________________________________________________________________________
Vol. 5 No. 2, Oktober 2005
Tes Kompetensi dalam Pembelajaran Bahasa
Usep Kuswari
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dalam Menulis Karya Tulis dengan Elemen Inquiry
Ida Zulaeha
Semiotika “Siliwangi” pada Masyarakat Sunda
Retty Isnendes
Penerapan Model Portofolio dalam Pembelajaran Apresiasi Cerpen
Halimah
Representasi Ideologi Patriarki dalam Masyarakat Manhattan
Eri Kurniawan
Analisis Kesilapan Mahasiswa dalam Tahap Reformulasi pada Penerjemahan Konsekutif
Fazri Nur Yusuf
Memaknai Maskulinitas:
Telaah Tekstual atas Dua Cerpen Karya Nawal el Saadawi
Rd. Safrina
_______________________________________________________________________________________
Vol. 6 No. 1, April 2006
Peran Sentral Interaksi dalam Proses Belajar-Mengajar Bahasa
Didi Suherdi
Analisis Kesalahan Bahasa Inggris dalam Artikel Jurnal Ilmiah
Supriatnoko dan Ade Sukma Mulya
Urgensi Standardisasi Tes Kompetensi Guru Bahasa:
Sebuah Gagasan Awal
Syihabuddin
Kedekatan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Arab
Nurzaman
Penilaian Kemampuan Menulis Mahasiswa dengan Model Writing Workshop melalui Internet
Tri Indri Hardini
Negasi dalam Karangan Argumentasi Siswi SMU
Mahmud Fasya
Keefektifan Penggunaan Buku Teks Campus I dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Prancis
Yuliarti Mutiarsih, Soeprapto Rakhmat, Dwi Cahyani AS. Broto
_______________________________________________________________________________________
Vol. 6 No. 2., Oktober 2006
Kajian Bahasa dan Pemberdayaan Sosial
Iwa Lukmana
Model Analisis Wacana Kritis dalam Kajian Cerpen Berideologi Gender untuk Mengembangkan Kemampuan Analisis Wacana Mahasiswa
Yoce Aliah Darma
Semiotika Religiositas Sajak D. Zawawi Imron
Abdul Wachid B.S.
Audiens dalam Jalinan Komunikasi dan Pembelajaran Bahasa
Budi Hermawan
Kajian Intertekstual Wawacan Amir Hamzah
Ruhaliah
Reduplikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia:
Permasalahan dan Implementasinya
Mulyanto Widodo
Kompetisi Sosiolinguistik dan Pembelajaran Bahasa
Warisman
_______________________________________________________________________________________
Vol. 7 No. 1, April 2007
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Perkuliahan Analisis Kesulitan Menulis melalui Penilaian Berbasis Kelas
Panca Pertiwi Hidayati & Nine Rusmiati
Washback Tes Lisan dalam Pembelajaran Bahasa
E. Kosasih
Pembelajaran Kompetensi Penerjemahan dan Kastrasi Linguistik sebagai Siasat Pragmatik
Yoyo Surjakusumah
Roman Detektif sebagai Materi Alternatif Pengajaran Sastra
Tania Intan
Kajian Estetik dan Ekstraestetik Puisi ke Manakah Angin Karya Ma’mur Saadie
Yeti Mulyati
Kebijakan Jepang di Bidang Sastra dan Budaya (1942-1945): Studi Kasus Harian Asia Raya
Maman Mahayana
Kesedaran Metakognitif terhadap Pemahaman Bacaan Teks Prosa Tradisional
Chew Fong Peng & Zulkifli Mohd. Top
_______________________________________________________________________________________
Vol. 7 No. 2, Oktober 2008
Mengajarkan Berpikir Kritis dalam Menulis
Emi Emilia
Mantra Putus Selingkuh Sub Suku Dayak Bakati di Kalimantan Barat
Totok Priyadi
Daluang dalam Tradisi Tulis Masyarakat Nusantara
Tedi Permadi
Menulis Paragraf dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA
Teti Sobari
Struktur Pragmatis Kalimat dalam Bahasa Sunda
Yayat Sudaryat
Reduplikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia:
Permasalahan dan Implementasinya
Mulyanto Widodo
Kompetisi Sosiolinguistik dan Pembelajaran Bahasa
Warisman
_______________________________________________________________________________________
JURNAL BAHASA & SASTRA FPBS UPI (Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya). http://www.jurnalfpbsupi.blogspot.com