JURNAL BAHASA & SASTRA FPBS UPI (Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya). http://www.jurnalfpbsupi.blogspot.com

Daftar Judul Artikel Jurnal Bahasa & Sastra

Vol. 1 No. 1, Oktober 2001

Persepsi Guru mengenai Faktor Afektif dalam Belajar Bahasa Indonesia
(Sebuah kaji deskriptif mengenai sikap, motivasi, kepercayadirian, dan prestasi belajar siswa sekolah di Jawa Barat)

Didi Suherdi

Realisasi Tindak Tutur Menolak dalam Masyarakat Indonesia
E. Aminudin Aziz

Beberapa Teknik Penerjemahan dan Aplikasinya
Rd. Safrina

Pemahaman Lintas Budaya dalam Konteks Pembelajaran Bahasa
Nenden Sri Lengkanawati

Berpikir Kritis melalui Cognitive Coaching
Bachrudin Musthafa

Peran Bahasa Pertama dalam Pemerolehan Aturan Morfo-Sintaksis Bahasa Kedua
Didi Sukyadi

Perbedaan Tindak Tutur Meminta antara Ibu Rumah Tangga yang Bekerja dan Tidak
Sri Setyorini

Peranan Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Terpadu
Mulyani Sumantri

Adakah Bahasa Inggris Indonesia?
A. Chaedar Alwasilah

_______________________________________________________________________________________


Vol. 2 No. 3, Oktober 2002

Pendekatan Humanistik dalam Perkuliahan Semantik
Yayat Sudaryat

Efektivitas Model MMI dalam Meningkatkan Apresiasi Sastra Mahasiswa
Iskandarwassid

Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran terhadap Hasil Belajar Wacana Lisan Bahasa Jepang
Ahmad Dahidi


Model Pembelajaran Integratif Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing Berdasarkan Pendekatan Komunikatif di Sekolah Dasar
Halim Majid

Bahasa Koran sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa
Dadang S. Anshori

Pendekatan Konstruktivisme dalam Peningkatan Pemahaman Membaca
Endang K. Trijanto

Kinayah pada Ayat-ayat Al-Quran dan Implikasinya bagi Pengajaran Balaghah
Yayan Nurbayan

_______________________________________________________________________________________


Vol. 3 No. 5, Oktober 2003

Critical Discourse Analysis (CDA): Rekonstruksi Kritis terhadap Makna
Iwa Lukmana

Bahasa Indonesia sebagai Sarana Bernalar
Khaerudin Kurniawan

Sikap Berbahasa Mahasiswa
(Studi Deskriptif Analitis tentang Sikap Berbahasa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Asing FPBS UPI)
Dingding Haerudin

Hubungan Pemertahanan Bahasa Sunda dengan Kemampuan Menggunakan Undak Usuk Bahasa Sunda
Iyos Ana Rosmana

Teknik Penerjemahan sebagai Penjabaran Prosedur Transposisi
Syihabuddin

Interpretasi Semiotik Wawacan Prabu Kean Santang Aji
Dedi Koswara

_______________________________________________________________________________________


Vol. 4 No. 6, April 2004

Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa melalui Model Workshop
Dadang S. Anshori

Multiliterasi: Transformasi Disain Pengajaran Bahasa
Wawan Gunawan

Strategi, Jenis, dan Kadar Kesulitan Mahasiswa Mengorganisasikan Gagasan dalam Menerjemahkan Teks-teks Non-Linier
Ahmad Bukhori Muslim

Penilaian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Bahasa
Usep Kuswari

Studi Morfologis Jamak Taksir dalam Alquran dan Implikasinya terhadap Pengajaran Sharaf
Mamat Zaenuddin

Penggunaan Alusi dalam Judul Artikel Majalah Time
Yugianingrum

Ideologi Komik Jepang
Kholid A. Harras

_______________________________________________________________________________________


Vol. 4 No. 7, Oktober 2004

Dialektika Bahasa Demo
Andoyo Sastromiharjo

Ekspresi Aimbolik Poyok Ungkal dalam Komunikasi Verbal
Dede Kosasih

Pandangan tentang Peran Tata Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Asing
Dadang Sudana

Hubungan antara Sikap terhadap Bahasa Sunda dengan Kemampuan Menggunakan Undak Usuk Bahasa Sunda
Iyos Ana Rosmana

Lagu dalam Pembelajaran Bahasa Jerman
Nining Warningsih

Pengkajian Nilai-nilai Moral dalam Karya Sastra
Dingding Haerudi

Transposisi dalam Terjemahan Ayat-ayat Ahkam
Mad’Ali

_______________________________________________________________________________________


Vol. 5 No. 1, April 2005

Keefektifan Model Ajar Beorientasi Produk Berbasis Interaksi Afeksionatif dalam Meningkatkan Mutu Hasil Belajar Bahasa indonesia
Didi Suherdi

Esai Kritik dalam Majalah Budaya Jaya (1968-1979)
Sumiyadi

Pengoperasian Ideologi Gender dalam Wacana Novel Saman
Yulianeta

Faktor-faktor yang mempengaruhi Keterampilan Menulis Argumentasi
Lucky Herliawan Yanuansyah Amalputra

Penerapan Model Belajar konstruktivisme dalam Menulis Bahasa Indonesia
Nunuy Nurjanah

Model Pembelajaran Menulis Kalimat
.........

_______________________________________________________________________________________


Vol. 5 No. 2, Oktober 2005

Tes Kompetensi dalam Pembelajaran Bahasa
Usep Kuswari

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dalam Menulis Karya Tulis dengan Elemen Inquiry
Ida Zulaeha

Semiotika “Siliwangi” pada Masyarakat Sunda
Retty Isnendes

Penerapan Model Portofolio dalam Pembelajaran Apresiasi Cerpen
Halimah

Representasi Ideologi Patriarki dalam Masyarakat Manhattan
Eri Kurniawan

Analisis Kesilapan Mahasiswa dalam Tahap Reformulasi pada Penerjemahan Konsekutif
Fazri Nur Yusuf

Memaknai Maskulinitas:
Telaah Tekstual atas Dua Cerpen Karya Nawal el Saadawi
Rd. Safrina

_______________________________________________________________________________________


Vol. 6 No. 1, April 2006

Peran Sentral Interaksi dalam Proses Belajar-Mengajar Bahasa
Didi Suherdi

Analisis Kesalahan Bahasa Inggris dalam Artikel Jurnal Ilmiah
Supriatnoko dan Ade Sukma Mulya

Urgensi Standardisasi Tes Kompetensi Guru Bahasa:
Sebuah Gagasan Awal
Syihabuddin

Kedekatan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Arab
Nurzaman

Penilaian Kemampuan Menulis Mahasiswa dengan Model Writing Workshop melalui Internet
Tri Indri Hardini

Negasi dalam Karangan Argumentasi Siswi SMU
Mahmud Fasya

Keefektifan Penggunaan Buku Teks Campus I dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Prancis
Yuliarti Mutiarsih, Soeprapto Rakhmat, Dwi Cahyani AS. Broto

_______________________________________________________________________________________


Vol. 6 No. 2., Oktober 2006

Kajian Bahasa dan Pemberdayaan Sosial
Iwa Lukmana

Model Analisis Wacana Kritis dalam Kajian Cerpen Berideologi Gender untuk Mengembangkan Kemampuan Analisis Wacana Mahasiswa
Yoce Aliah Darma

Semiotika Religiositas Sajak D. Zawawi Imron
Abdul Wachid B.S.

Audiens dalam Jalinan Komunikasi dan Pembelajaran Bahasa
Budi Hermawan

Kajian Intertekstual Wawacan Amir Hamzah
Ruhaliah

Reduplikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia:
Permasalahan dan Implementasinya
Mulyanto Widodo

Kompetisi Sosiolinguistik dan Pembelajaran Bahasa
Warisman

_______________________________________________________________________________________


Vol. 7 No. 1, April 2007

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Perkuliahan Analisis Kesulitan Menulis melalui Penilaian Berbasis Kelas
Panca Pertiwi Hidayati & Nine Rusmiati

Washback Tes Lisan dalam Pembelajaran Bahasa
E. Kosasih

Pembelajaran Kompetensi Penerjemahan dan Kastrasi Linguistik sebagai Siasat Pragmatik
Yoyo Surjakusumah

Roman Detektif sebagai Materi Alternatif Pengajaran Sastra
Tania Intan

Kajian Estetik dan Ekstraestetik Puisi ke Manakah Angin Karya Ma’mur Saadie
Yeti Mulyati

Kebijakan Jepang di Bidang Sastra dan Budaya (1942-1945): Studi Kasus Harian Asia Raya
Maman Mahayana

Kesedaran Metakognitif terhadap Pemahaman Bacaan Teks Prosa Tradisional
Chew Fong Peng & Zulkifli Mohd. Top

_______________________________________________________________________________________


Vol. 7 No. 2, Oktober 2008

Mengajarkan Berpikir Kritis dalam Menulis
Emi Emilia

Mantra Putus Selingkuh Sub Suku Dayak Bakati di Kalimantan Barat
Totok Priyadi

Daluang dalam Tradisi Tulis Masyarakat Nusantara
Tedi Permadi

Menulis Paragraf dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA
Teti Sobari

Struktur Pragmatis Kalimat dalam Bahasa Sunda
Yayat Sudaryat

Reduplikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia:
Permasalahan dan Implementasinya
Mulyanto Widodo

Kompetisi Sosiolinguistik dan Pembelajaran Bahasa
Warisman

_______________________________________________________________________________________